Selasa, 10 April 2007

Salai Pujud Tampil di MTQ Provinsi Riau

Tanggal : 10 April 2007
Sumber : http://www.rokanhilir.go.id/berita.php?go=beritalengkap&id=1505

PUJUD (RP) ----- Kesuksesan yang telah diperlihatan oleh kafilah Kecamatan Pujud dalam mengisi kegiatan pada MTQ V Rohil di Kepenghuluan Rantaupanjang Kanan, Kecamatan Kubu kemarin, tampaknya menjadi motivasi guna mengikuti acara yang sama untuk tingkat Provinsi Riau. Dimana, pada MTQ XXVI Provinsi Riau yang dipusatkan di Pangkalankerinci, kafilah asal Kabupaten Rohil merencanakan akan menampilkan ikan salai dari Kecamatan Pujud.

Camat Pujud, Jabil Syamsuddin yang temui Riau Pos kemarin tidak menafikan adanya rencana untuk menampilkan produk unggulannya pada MTQ tingkat Provinsi Riau nanti. Ikan salai ini, merupakan salah satu kegiatan home industri yang menjadi produk unggulan bagi Kecamatan Pujud. Dikatakan produk unggulan, dimana sebagian besar kegiatan home industri di Kecamatan Pujud adalah membuat ikan salai. Malah, ada di salah satu daerah di Kecamatan Pujud itu, sekitar 50 persen pendudukan membuat ikan salai, kata Jabil Syamsuddin.

Stand pameran dan bazar yang selalu muncul di setiap kegiatan MTQ, lanjut Jabil Syamsuddin, merupakan salah satu media promosi yang cukup tepat. Karena, semua produk unggulan di masing-masing daerah termasuk asal Kecamatan Pujud, bisa dikenal oleh masyarakat secara luas. Makanya, pada MTQ V Rohil di Kubu kemarin itu, kita menampilkan produk unggulan berupa ikan salai.

Dari pelaksanaan di tingkat kabupaten ini, Pemkab Rohil sudah merencanakan akan mengikutsertakan dan menampilkan produk unggulan Kecamatan Pujud yakni ikan salai di tingkat provinsi. Kita selaku pihak kecamatan, jelas sangat meresponnya. Karena, melalui ajang promosi itu, ikan salai asal Kecamatan Pujud bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas, kata Jabil Syamsuddin.

Menjawab Riau Pos, Jabil Syamsuddin menjelaskan, produksi ikan salai yang dihasilkan dari Kecamatan Pujud, ternyata telah dipasarkan di sejumlah daerah baik dalam maupun luar Kabupaten Rohil. Pangsa pasar di luar wilayah Kabupaten Rohil, yakni terdapat di dalam wilayah Pulau Jawa. Saya sudah mendapatkan informasi tentang produksi ikan salai asal Kecamatan Pujud ini, juga beredar di Pulau Jawa. Bagi masyarakat di Pulau Jawa ini, ikan salai dari Kecamatan Pujud itu dikenal dengan sebutan ikan asap. Sekarang ini, permintaannya sudah lumayan banyak malah informasinya ikan salai ini akan dipasarkan lagi ke Bogor, kata Jabil Syamsuddin.

Mengingat adanya tuntutan di beberapa luar daerah, tambah Jabil Syamsuddin, maka produksi pembuatan ikan salai perlu untuk terus ditingkatkan. Hanya saja, dalam upaya meningkatkan produksi tersebut, berbagai hambatan dan kendala masih ditemukan. Salah satu diantaranya adalah menyangkut prosesi pembuatannya yang masih bersifat tradisional. Hal-hal seperti itu perlu untuk kita maklumi. Dimana, prosesi pembuatannya masih bersifat tradisional, kata Jabil Syamsuddin.(

Tidak ada komentar: