Rabu, 29 Agustus 2007

PRODUK LAUT KIM BAHARI SURABAYA RAUP RP 9 JUTA

Tanggal : 29 Agustus 2007
Sumber : http://www.d-infokom-jatim.go.id/news_kim.php?id=33


Produk unggulan hasil laut seperti kerupuk terung, teripang, dan kulit kakap di stan pameran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Bahari, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya laris terjual. Pameran KIM II di Jember 27-29 Agustus maraup pendapatan sekitar Rp 9 juta.

Menurut Ketua KIM Bahari Kecamatan Bulak Kota Surabaya, H Djunis Kalim St Bt Sati ditemui di stand arena pameran Gedung Serbaguna Kaliwates Jember, Rabu (29/8) pameran kali ini membawa sekitar 350 kilogram produk hasil laut dan lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 300 kilogram.

Pada pameran KIM I di Mojosari tahun lalu, selama sepekan kelompoknya membawa pulang keuntungan sekitar Rp 20 juta. Hasil keuntungan digunakan mengembangkan usaha. “Saya berharap bisa meraup keuntungan lebih besar pada pameran KIM kali ini. Syukur-syukur dapat melebihi dari pameran di Mojosari Kabupaten Mojokerto,” ujarnya.

Djunis menyampaikan rasa kekecawaannya, karena informasi pelaksanaan pekan KIM II baru diterima pada Sabtu (25/8) lalu dan hanya mandapat bagian satu stand saja. “Kepada panitia penyelenggara, kami mengusulkan untuk memperbanyak promosi jika akan mengadakan pekan KIM pada tahun mendatang,” katanya.

Stand KIM Bahari memang terlihat paling ramai dikunjungi penonton di antara stand-stand yang lain, selain harganya terjangkau, produk yang dijual enak untuk camilan maupun untuk luk pauk.
Haga satu ons teripang dijual dengan harga Rp 10.000. demikian juga kerupuk terung dan kerupuk kulit kakap. Sedangkan telur terung harganya sedikit lebih mahal yakni Rp 15.000/1ons.

Hal itu dibenarkan salah seorang pembeli asal Jember, Siti Soliha (37). Ibu yang datang ke pameran bersama suami dan tiga orang putrinya itu mengaku gemar mengkonsumsi produk-produk hasil laut. Selain enak dan murah, produk hasil laut sangat baik bagi pertumbuhan anak.

Selain memproduksi hasil laut, kegiatan KIM Bahari yang beranggotakan 20 orang juga membudidaya ikan, penyuluhan Narkoba, dan koperasi simpan pinjam.

Tidak ada komentar: