Senin, 17 Maret 2008

Disbudpar Sulsel Gelar Festival Seafood untuk Tarik Wisatawan

Tanggal :17 Maret 2008
Sumber : http://www.wisatanet.com/templete/index.php?wil=2&id=000000000005213&idnews=4596


Dinas Kebudayan dan Parwisata (Budpar) Sulawesi Selatan akan menggelar Festival Seafood pada Agustus 2008 di Makassar sebagai salah satu agenda utama dalam menyambut Tahun Kunjungan Wisata Indonesia (Visit Indonesia
Year/VIY) 2008.

Kadis Budpar Sulsel Syahlan Solthan di Makassar, Minggu (16/3), mengatakan, Festival Seafood yang akan menyajikan berbagai jenis masakan khas Sulsel tersebut dirancang khusus untuk menyukseskan Tahun Kujungan Wisata 2008.

"Sebelumnya kegiatan ini telah digelar tahun lalu, namun kali ini dirancang khusus dengan menampikan beragam jenis makanan khas Sulsel maupun Nusantara, sehingga diharapkan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sulsel tahun ini," kata Syahlan.

Menurutnya, festival makanan ini akan menampilkan jenis masakan khas dari 23 kabupaten dan kota di Sulsel serta beragam jenis menu nusantara, sehingga wisatawan yang hadir pasa aat pergelaran bisa menikmati berbagai menu yang disajikan peserta tersebut.

Di Sulsel tercatat seitar 425 jenis makanan tradisional mulai dari jenis makanan hasil perikanan hingga berbagai jenis kue tradisional yang selama ini telah banyak disajikan di sejumlah hotek dan digemari wisatawan asing dan domestik.

Jenis makanan dengan bahan bakunya dari hasil perikan tangkap yang akan disajikan pada festival tersebut antara lain, menu ikan bakar, udang, cumi-cumi, kepeting, kerang laut, telut ikan terbang, teripang, lobster, Pallu mara (ikan masak).

Selain itu, berbagai jenis masakan khas lainnya antara lain, coto, pallubasa, sop konro, sop lidah, sop saudara, otak-potak, sop kepala ikan, lawak ikan dan udang.

Beragam panganan dan kue tradisional juga akan ditampilkan yakni, pisang ijo, pallu butung, pisang epak, cucuruk bayao, taripang, onde-onde, cucuruk maddingki, burongko, dange, kapurung, bagea sagu, tingting, waji wijen, dodol pangi, dodol beras ketan, kacang disko, sirup, serta minuman khas markisa dan terong balanda.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Makassar Eddy Kosasih Parawansa mengatakan, peserta Festival Seafood 2008 diharapkan lebih banyak dibanding pada 2007 sebanyak 121 peserta, baik wakil dari 23 kabupaten dan kota maupun peserta dari organisasi dan usaha katering.

"Kita akan tata dengan rapi tempat penyelenggaraan festival yakni di anjungan Pantai Losari Makassar yang bisa menampung hingga 300 saung (stand) peserta, "ujar Eddy.

Sedangkan khusus untuk peseta dari Makassar, dinas pariwisata setempat akan menampilkan menu masakan dari 16 kecamatan dan berbagai organisasi dan usaha catering yang jumlah mencapai ratusan peserta, kata Eddy.

Tidak ada komentar: