Jumat, 28 Maret 2008

Gaet Wisatawan ke Sanur lewat “Sea Walker”


Sumber : http://www.bisnisbali.com/2007/03/22/news/pariwisata/aka.html

Denpasar (BisnisBali)
- Kegiatan sea walker merupakan salah satu produk pariwisata unggulan di kawasan Sanur. Produk pariwisata yang lebih menonjolkan keindahan bawah laut seperti terumbu karang dan biota laut ini diharapkan bisa mengaet lebih banyak wisatawan ke kawasan Sanur.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Drs. I Putu Budiasa, M.Si., Rabu (21/3) kemarin mengatakan kegiatan sea walker masih menjadi primadona bagi wisatawan domestik (wisdom) dan wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sanur. Kegiatan yang lebih banyak menyaksikan pemandangan bawah laut ini sudah menjadi bagian kegiatan wisata bahari di Bali. Diungkapkan, guna makin mengairahkan kegiatan wisata bawah laut di Sanur pemerintah melalui dinas pariwisata Kota akan berupaya mempromosikan kegian sea walker ini terutama ke pasar domestik. Kegiatan sea walker di Sanur ini di antaranya akan dipromosikan melalui dalam ajang gebyar Wisata Jakarta 2-6 Mei 2007 mendatang. Selain itu kegiatan sea walker ini juga akan dipromosikan melalui Majapahit Affair 22-26 Mei 2007 di Surabaya.

Dijelaskan, sea walker ini memiliki daya tarik yang cukup spesifik bagi wisatawan. Ketika menyelam ke dasar laut, wisatawan bisa menggunakan tabung khusus yang diletakkan di bagian kepala. Ini tentunya memudahkan untuk menghirup oksigen terutama bagi wisatawan yang tidak pernah menyelam ke dasar laut. Wisatawan tentunya bisa dengan nyaman menikmati keindahan dasar laut.

Kegiatan sea walker juga diisi dengan penyemaian karang. Selain menikmati keindahan dasar laut, wisatawan juga diarahkan ikut serta melestarikan terumbu karang. Seperti diketahui beberapa tahun silam kawasan Sanur marak dengan pencurian terumbu karang. Kejadian tersebut sempat berdampak pada menurunnya perkembangan biota laut karena rusaknya terumbu karang.

Dipaparkan, melalui kegiatan sea walker ini masyarakat lokal dan wisatawan diajak ikut melestarikan terumbu karang. Pada bagian lain, di dasar laut wisatawan juga bisa mengenal beranekaragam jenis ikan yang bisa hidup di dasar laut.

Lebih lanjut dikatakan, selama ini kegiatan atraksi sea walker ini dinikmati tidak hanya dari wisman tetapi juga wisdom. Khusus dari wisman kegiatan sea walker ini lebih banyak diminati wisman asal Korea dan Jepang. Wisatawan asal Asia tersebut beranggapan kegiatan sea walker ini mungkin hanya bisa dinikmati di kawasan Sanur. Melihat keindahan terumbu karang dan biota laut di Sanur wisatawan tentunya mendapatkan pengalaman tersendiri ketika berkunjung ke Bali.

Budiasa menambahkan melihat pengembangan sea walker di kawasan Sanur, pemerintah melalui dinas pariwisata Kota berharap masyarakat bisa ikut melestarikan terumbu karang di kawasan Sanur. Keindahan terumbu karang dan biota laut bisa menjadi andala pariwisata Sanur pada masa yang akan datang. *kup

Tidak ada komentar: