Senin, 31 Maret 2008

MAU MAKAN GONGGONG ? COBAIN AJA !!


Sumber : https://www.pintunet.com/lihat_opini.php?pg=2003/03/26032003/12754


Mau coba 'gonggong '? Ini bisa jadi salah satu makanan pilihan bagi penggemar makanan sea food. Nda usah takut, dijamin kamu-kamu nda akan menggongong setelah makanan khas ini. Karena gonggong jenis makanan laut.

Gonggong adalah makanan dari sejenis kerang yang bentuknya besar kayak keong mas , namun lebih bagus bentuk rumah dan isinya. Bisa ditemui di wilayah kepulauan Riau (Batam, Tanjung Pinang dan Karimun), khususnya di rumah makan sea food.

Makanan gonggong biasanya dimasak ala sup dan disajikan dalam piring dengan tambahan sambal. Cara makannya pakai sebatang lidi kecil (kayak tusuk gigi) dan dikorek-korek rumah kerangnya agar bisa keluar dagingnya. Lalu dicelupkan ke dalam sambal, ehm langsung bisa dimakan. Pertama makan, agak-agak ngeri juga lihat bentuknya, tapi kalau udah dimakan lupa juga pengin berhentinya khususnya bagi maniak sea food. Harga makanan ini seporsinya saya tidak tahu persis, karena waktu itu teman yang bayarin. Namun, sempat saya tanya harga satuan mentahnya di pasar tradisional. Kata teman sih, Rp. 500,- per buah (harga di Tanjung Pinang) bukan harga per kilo yang berlaku. Cukup mahal juga yah ?

Tetap mau coba ? Datang saja ke tiga wilayah tersebut. Kalau sudah makan gonggong, tidak akan mengonggong, tapi hati-hati jangan kebanyakan, karena bisa hipertensi lagi.

Tidak ada komentar: