Minggu, 16 Maret 2008

Ekspor 8 Ton Udang Vanname

Tanggal : 16 Mar 2008
Sumber : http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail_radar&id=200896&c=106


PAMEKASAN-Kerja keras petani yang membudidaya udang vanname di Desa Polagan, Kecamatan Galis, berbuah hasil. Itu dibuktikan dengan adanya panen raya udang vanname yang berlangsung sejak beberapa waktu terakhir.

Hasil panen udang kualitas ekspor itu langsung ditangani suplier untuk selanjutnya diekspor ke berbagai negara di Asia, Amerika, dan Eropa. Tak kurang dari 8 ton udang vanname hasil panen yang diekspor ke luar negeri.

Jumlah tersebut merupakan total hasil panen udang vanname milik petani di Desa Polagan. "Udang-udang ini hasil budidaya petani disini. Alhamdulillah, panen perdana tahun ini sukses," ujar H Ihsan, salah satu petani udang wanname, kepada wartawan kemarin siang.

Ihsan menjelaskan, masing-masing petani memiliki areal berbeda, tergantung kemampuan budidayanya. Dari sehektare tambak, diperkirakan mampu menghasilkan udang vanname sampai 2,8 ton. "Kalau saya memang cuma sehektare. Tapi, hasilnya sudah lumayan," katanya.

Dari lahan sehektare yang dimilikinya, Ihsan mampu menghasilkan udang vanname dalam berbagai ukuran. Ukuran minimal dihargai Rp 33 ribu per kg, sedangkan ukuran maksimal sampai Rp 43 ribu per kg.

Untuk keperluan budidaya udang Vanname sehektare, diperlukan dana sekitar Rp 60 juta selama 3 bulan. Itu digunakan untuk keperluan pemeliharaan, pakan, dan penjaga. "Kalau dihitung kasar, keuntungannya sampai Rp 35 juta. Sebab, dari sehektare kita memeroleh sekitar Rp 95 jutaan," ungkapnya.

Panen raya udang vanname di Kecamatan Galis menarik perhatian Dinas Kelauatan dan Perikanan (DKP) Pamekasan. Kemarin beberapa staf DKP meninjau langsung panen raya udang vanname.

Kepala DKP Ir Nurul Widiastuti kepada wartawan mengatakan, budidaya udang Vanname merupakan salah satu unggulan produk di kalangan masyarakat pesisir. "Terbanyak memang di Kecamatan Galis dan Larangan. Budidaya ini mulai sukses sejak akhir 2007 lalu," ujarnya.

DKP melakukan pendampingan kepada petani agar bisa membudidaya udang Vanname dengan baik. "Kami juga memberikan bantuan mulai dari benih, bibit hingga mesin untuk pompa air," paparnya

Tidak ada komentar: